Software Pembuat Template Blog

Ada beberapa cara untuk merubah desain tampilan blog. Pertama dengan mengganti template, baik template yang disediakan blogger sendiri maupun dari pihak ketiga (yang bisa didownload dari situs-situs penyedia template gratis maupun berbayar). Kita tinggal menyimpan atau mempublish perubahan template yang telah dipilih. Tetapi jika masih kurang puas dan ingin perubahan pada bagian-bagian tertentu maka bisa dilakukan cara kedua, yaitu mengutak atik template. Caranya dengan merubah script html, css atau php-nya (bahasa pemrograman). Jika cara ini terasa sulit atau tidak ingin dipusingkan oleh bahasa pemrograman, maka ada cara ketiga yang lebih prakits, yaitu dengan menggunakan layanan pembuatan template gratis secara online. Beberapa situs yang bisa digunakan misalnya adalah Psycho,Page Column Layout, Pimp My Profile, Trix Template Generator. Di sini kita bisa lebih leluasa merancang template blog dari awal sampai akhir. Mulai dari ukuran, posisi, warna dan berbagai pernak-pernik template bisa diatur layaknya sedang melayout bebas di atas kertas kosong. Fasilitas untuk hal ini sudah tersedia dan juga mudah digunakan. Dan uniknya, begitu rancangan template kita selesai, kode html atau css-nya juga langsung tersedia secara otomatis. Kode tersebut bisa di copy langsung atau disimpan dulu ke file html (notepad).
Meskipun cara ini merupakan pilihan yang menarik, namun beberapa masalah masih bisa muncul, karena kita bekerja secara online. Koneksi internet jelas sangat berpengaruh. Yang paling menjengkelkan adalah ketika koneksi internet terganggu saat kita akan mengcopy atau menyimpan hasil akhirnya, padahal kita sudah susah merancangnya dari awal. Lantas?
Masih ada cara lain yang lebih praktis sekaligus juga aman, yaitu menggunakan software pembuat template. Misalnya dengan menggunakan Template Shaker 3.0. Software ini jauh lebih ringan (8,3 MB) dibanding Artisteer (70,3 MB). Gratis tanpa perlu keygen. Aturan pakainya hampir sama dengan  Psyco dan Trix Template Generator, bedanya kita bisa bekerja secara offline. Jadi bebas dari gangguan koneksi. Kita hanya butuh online saat desain templatenya sudah selaesai dan siap untuk digunakan pada blog. Jika anda tertarik dan ingin mencoba, anda bisa download softwarenya disini.
Bagikan ke

1 Komentar:

Bima Lanang said...
November 20, 2011 at 3:56 PM

Thank atas infonya n baca juga ini bro
Pagerank Update : Hadiah PR 2 Dari Google

Post a Comment

Hal penting saat berkomentar :

1. Baca artikelnya, lalu beri komentar yang sesuai dengan tema.
2. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda....

free counters