Bagaimana Mendapatkan Backlink dari Google

Sedikit tips dari newbie dan untuk newbies tentang cara mendapatkan backlink dari google - get google backlink for your blog/website.

Mengapa tips cara memperoleh backlink dari google ini saya katakan dari newbie dan untuk newbies? Ya karena memang saya termasuk salah satu blogger newbie kan...dan, mungkin newbies lainnya masih ada yang belum kebagian senggolan backlink dari mbak google, makanya blogger newbie alias saya sendiri ini sedang sok tau nih mau sharing pengalaman dalam mendapatkan google backlink dan mudah-mudahan manjur.

Mendapatkan backlink google tidak seperti mendapatkan backlink dari search engine lain yang biasanya bermurah hati memberikan backlinknya tapi kalau google mungkin ada beberapa syarat yang harus terpenuhi dulu kali ya??? Nah, bagaimana cara memenuhi syaratnya agar diberi backlink oleh google?

Kalau menurut informasi yang Saya dapat dari beberapa forum yang pernah saya kunjungi, cara ini Saya susun ke beberapa tahap.

Pertama, buat google public profile dulu. Kalau belum pernah, klik google public profile ari-fahriansyah blog, silakan login dan buat profile Anda disana dengan mengisi form yang tersedia dan jangan lupa follow juga, tidak juga tidak apa.

Kedua, biasakan membuat internal link antar artikel yang saling berkaitan di blog Anda. Ini akan memudahkan robot mesin pencari dalam crawling and indexing seluruh postingan Anda.

Ketiga, daftar dan pasang script google analystic tracker code pada template blog Anda. Ini akan membantu google lebih kenal dan lebih dekat dengan postingan di blog Anda.

Keempat, buat posting yang masih banyak dicari dan sifatnya bertahan lama karena google lebih senang mempertahankan link artikel pada posisi 10 besar yang masih diperlukan dan dicari banyak orang. Buat posting baru atau update setidaknya 2 hari sekali, tiap hari malah lebih maknyus dan alexa rank Anda juga akan semakin langsing.

Kelima, pastikan situs/blog/website lain ada yang ngelink ke blog atau postingan Anda (links to your site). Caranya dapat dilakukan dengan;
  • Tukar link sesama blog yang kategorinya masih berkaitan/relevan.
  • Submit web/blog ke web direktori
  • Melakukan ping setiap selesai membuat posting. Ini memungkinkan situs lain akan ngelink ke blog Anda jika mereka menemukan artikel menarik dan bermanfaat dari blog Anda.
  • Komentar di blog dofollow yang postingannya sudah terindeks 10 besar di google, kebetulan blog ini juga dofollow dan berikut ini ada sebagian kata kunci posting di blog ini yang masuk di 10 besar pencarian google: daftar isi sesuai label otomatis, pasang breadcrumb navigation, add reply option to blogger comments, auto highlight blogger comments, optimasi judul blog seo friendly, dan mungkin masih ada lagi yang belum sempat Saya cek. Silakan Anda test pencarian dengan kata kunci tersebut di google untuk memastikan apakah posting tersebut yang ada di diarykudiblog.blogspot.com/... ku ini masih berada pada posisi 10 besar atau tidak di google. Jika masih, ada baiknya berkomentar pada postingan tersebut agar mendapatkan backlink dan di index oleh google, karena biasanya blog kita akan lebih cepat terindex apabila google menemukan link kita berada pada posting atau blog lain yang telah terindex 10 besar.
  • Submit dan verifikasi blog di google webmaster serta submit sitemap ke google. Silakan klik dan baca untuk mengetahui manfaat dan cara daftarnya.
Itulah cara yang Saya lakukan sebagai blogger newbie untuk mendapatkan backlink dari google, meskipun baru lumayan juga kan? dengan cara tersebut juga kita berkesempatan mendapatkan page rank apabila backlink yang relevan baik dari google maupun dari situs lain sudah berjibun (banyak). Jika Anda punya cara yang lebih manjur bagi-bagi juga ya kesini tipsnya!

0 Komentar:

Post a Comment

Hal penting saat berkomentar :

1. Baca artikelnya, lalu beri komentar yang sesuai dengan tema.
2. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda....